Yuk, Kenali Boat Shoes Lebih Dekat!

Boat shoes adalah sepatu yang secara tradisional digunakan oleh para pelayar atau orang-orang yang pekerjaannya berkenaan dengan kapal atau perahu. Sepatu ini dibuat untuk menghindari para pekerja terpeleset di atas perahu atau kapal yang basah. Karena itu, sol sepatu ini dibuat agar dapat meng-grip di dek kapal yang seringkali basah.

Dilansir dari Gentleman’s Gazette, beberapa ciri khas boat shoes adalah sebagai berikut:

  1. Secara tradisional, warnanya cokelat tua hingga cokelat muda dan berbahan kulit. Namun, sekarang bahan atasnya juga tersedia dari kanvas dan memiliki warna yang jauh lebih beragam.
  2. Atasan sepatunya dirancang untuk menjadi kedap air dan tahan debu.
  3. Dijahit dengan tangan dan disulam dengan teknik top-stitched.
  4. Memiliki garis jahitan yang terlihat jelas.
  5. Secara tradisional, memiliki sistem pertalian 360 derajat, namun ada juga style lainnya.
  6. Biasanya memiliki dua atau tiga deret lubang tali sepatu.
  7. Secara tradisional, bahan talinya sama dengan bahan atasan sepatu. Namun, sekarang lebih beragam bahannya.
  8. Secara tradisional, solnya adalah karet dan berwarna putih, namun sekarang ada warna-warna lainnya.
  9. Memiliki pola tulang ikan herring pada solnya.
  10. Tahan kejut.

Boat shoes yang modern dibuat oleh Paul A. Sperry, yang terinspirasi oleh anjingnya yang dapat berlari tanpa terpeleset di atas es saat musim dingin. Ia lalu memotong dan membentuk sol sepatunya sedemikian rupa agar dapat menahannya dari terpeleset. Selanjutnya, ia mengembangkan sepatu tersebut dan mendirikan perusahaan sepatu Sperry Top Sider, yang masih menjadi salah satu brand boat shoes terkemuka saat ini.

Boat shoes memang didesain untuk dikenakan di atas dek kapal, sehingga solnya berbahan lebih lembut dari sol sepatu lainnya. Hal ini menyebabkan sepatu jenis ini tidak akan bertahan terlalu lama di permukaan-permukaan yang kasar, seperti permukaan aspal, karena memang desainnya adalah untuk digunakan di permukaan yang rata.

Salah satu contoh boat shoes yang kece bisa kamu lihat di sini. Keeve merupakan brand sepatu yang memiliki fitur andalan yaitu “menambah” tinggi badan. Dengan menggunakan sepatu Keeve, tinggi badanmu akan bertambah sekita tujuh sentimeter. Hal ini akan membuatmu menjadi lebih percaya diri, apalagi jika kamu biasanya agak kurang percaya diri dengan tinggi badanmu. Sepatu-sepatu Keeve didesain dengan stylish, nyaman, dan tentu dengan harga yang terjangkau.

 

Sumber: ShoesVaganza.com

 

Untuk padu padan boat shoes, kamu bisa memilih tampilan preppy. Yup, memang boat shoes yang modern dikenal sebagai pelengkap gaya busana preppy. Kamu bisa padu padankan celana bahan, kemeja, dan sweater untuk gaya preppy-mu. Celana yang digunakan tidak harus celana panjang, lho, untuk bergaya preppy. Kamu bisa juga kenakan celana pendek untuk menunjang gaya preppy. Oh iya, untuk diperhatikan, boat shoes ini tidak disarankan dikenakan selagi kamu memakai celana jeans. Jadi, jangan pakai celana jeans untuk padu padan boat shoes, ya!

 

Sumber: theidleman.com

Devina C. untuk ShoesVaganza

jasa pembuatan website
Web Analytics