Square Toe Shoes are Back!

 Square toe shoes adalah sepatu pria yang ujung sepatunya berbentuk persegi. Square toe shoes pertama kali muncul di tahun 1940an, pada masa Perang Dunia II. Kebanyakan sepatu pria pada saat itu haruslah kuat, agak tebal dengan jahitan yang tebal dan muncullah square toe shoes. Selain untuk memenuhi standar sepatu yang kuat, tren setelan jas lebar sedang naik daun pada saat itu, dan square toe shoes bisa mengimbangi tampilan tersebut. Dalam perkembangannya, square toe shoes mulai redup popularitasnya oleh sepatu berujung lancip (Point toes shoes) yang lebih langsing dan memberikan kesan lebih elegan. Contoh point toe shoes adalah oxford shoes dan brogue

Virgil Abloh, salah satu perancang busana dan pengamat fashion dunia mengatakan, saat ini perputaran dunia fashion berjalan sangat cepat akibat media sosial. Contohnya, celana longgar untuk wanita seharusnya sudah tidak tren sejak satu dekade, tetapi saat ini, celana longgar perlahan kembali muncul di dunia fashion, karena ada beberapa selebriti dan fashion blogger memakainya dan mempublikasikannya di media sosial mereka. Begitu pula dengan square toe shoes yang kembali diperkenalkan di beberapa runway terkenal dunia. Beberapa rumah desain paling bepengaruh di dunia sepeti Balenciaga, Maison Margiela dan Gucci memberi kesempatan kedua untuk dress shoes yang berujung kotak. Mereka menampilkan sepatu model ini di runway koleksi spring summer 2017.

Sumber: Vogue

Mengapa Square toe shoes tidak mudah dilupakan dan malah muncul kembali di dunia fashion? Karena, square toe shoes memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh sepatu lainnya, seperti:

1. Nyaman

Sepatu berujung kotak memiliki rongga lebih lebar di ujungnya, sehingga jari kaki Anda tidak saling berhimpitan dan tidak mudah lecet. Ini sebabnya sepatu berujung kotak nyaman untuk dipakai dalam waktu yang lama, bahkan untuk pria yang memiliki kaki lebar sekalipun.

2. Versatile

Square toe shoes adalah sepatu serba guna yang bisa Anda pakai untuk acara formal seperti resepsi pernikahan teman Anda, meeting di kantor, sampai acara santai Anda di akhir pekan. Anda memiliki satu sepatu yang bisa Anda pakai di banyak kegiatan, sangat praktis bukan?

3. Memberikan Koreksi untuk Penampilan Anda

Jika Anda memiliki kaki panjang yang kurang proporsional dibandingan dengan kesleuruhan tubuh anda, maka square toe shoes bisa menyeimbangkan penampilan Anda. Untuk pria yang kurang tinggi atau kurang berisi, potongan sepatu berujug kotak ini memberikan efek volume untuk tubuh Anda.

Pilihlah sepatu square toes yang terbuat dari bahan kulit asli. Selain bisa Anda pakai di acara yang formal dan semi formal, sepatu berbahan kulit asli bisa tahan lebih lama daripada yang terbuat dari kulit sintetis. Apabila Anda menginginkan sepatu formal yang praktis, slip on shoes (sepatu tanpa tali) bisa menjadi alternatif Anda. Salah satu rekomendasi ShoesVaganza adalah STR 5 Black dari Felix Vergusso. STR 5 Black adalah sepatu berujung kotak yang terbuat dari bahan kulit asli, dan memiliki  sol luar dari bahan berkualitas tinggi. Sehingga dalam pemakainnya, STR 5 Black tetap terasa ringan tetapi tetap kuat.

Rani W. Untuk ShoesVaganza

jasa pembuatan website
Web Analytics