Selain Kain Batik, Indonesia Juga Punya Kain Tenun. Yuk, Ketahui Perbedaannya!

Sumber Gambar: kupang.tribunnews.com

Mungkin kita sudah cukup familiar dengan penggunaan aneka motif kain batik di industri fashion. Mulai dari baju, tas, sepatu, kalung, maupun aksesoris lainnya dapat kita temukan dalam berbagai model maupun warna. Lalu, bagaimana dengan kain tenun?

Sebenarnya kain tenun juga sudah mulai banyak digunakan dalam industri fashion, hanya saja masih banyak yang salah kaprah dan menganggap kain tenun merupakan salah satu jenis batik. Hayo, apakah kamu termasuk salah satunya? Hehe.

Kita sebagai penerus budaya bangsa Indonesia, sudah sewajibnya tahu nih! Bagi yang masih bingung, bedanya apa sih antara kain batik dan kain tenun? Nah, biar tidak salah lagi coba deh simak penjelasan berikut ini:

1. Cara Pembuatan

Hal yang paling sederhana dapat kita bedakan melalui cara pengerjaannya. Kain batik menggunakan teknik melukis kain untuk membentuk motif tertentu, sedangkan kain tenun menggunakan teknik menyusun benang pada kain untuk membentuk motif tertentu.


Alat Pembuatan Kain Tenun | Sumber Gambar: fariznbe.blogspot.co.id

2. Motif Kain

Motif kain batik, meskipun sekilas terlihat ada perbedaan namun ada sedikit kemiripan dengan batik yang dihasilkan dari suatu daerah dengan daerah lainnya. Sedangkan, kain tenun umumnya lebih variatif karena motif yang dihasilkan cenderung berbeda di setiap daerah.


Motif Kain Tenun | Sumber Gambar: tenuntimor.blogspot.co.id

3. Lama Pembuatan

Dengan adanya teknologi cap, kain batik kini dapat diproduksi dengan mudah dan cepat. Namun, pembuatan batik tulis secara manual juga masih diminati karena memiliki nilai kesenian yang tinggi.

Berhubung kain tenun dibuat secara manual, pengrajin tenun harus ekstra teliti saat menggabungkan setiap benang yang ada sampai menjadi sebuah kain. Terlebih lagi, kalau motif yang akan dibuat cukup kompleks sehingga dapat memakan waktu yang lama dalam proses pembuatannya.

4. Harga Kain

Dari segi harga, kain tenun jauh lebih mahal dibandingkan dengan kain batik karena proses pembuatannya yang lebih rumit dan lama. Namun untuk kain batik tulis, harganya bisa setara dengan kain tenun.

Bagaimana? Sudah paham kan perbedaannya? Nah, sepatu flat dari ShoesVaganza ini menggunakan hiasan kain tenun Boti lho!

 

Amora Boti Merah by Anindhita Batik

Kata Boti diambil dari nama daerah asal pengrajin kain tenun tersebut, yaitu desa Boti yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT). Dengan motif kain tenun Boti bernuansa warna merah, dipadukan dengan sepatu warna merah tentunya akan mencuri perhatian!

Modelnya yang kasual, membuat sepatu ini nyaman untuk digunakan sehari-hari. Terlebih lagi, insole flats-nya terbuat dari busa spons lapis jersey jadi sudah pasti akan empuk ketika dipakai.

Sepatu ini bisa jadi pilihan yang tepat nih, buat kamu yang ingin tampil eksotis dengan kain tenun sekaligus tampil stylish ketika mengenakannya. Yuk, mulai populerkan kain tenun!

Frilani untuk ShoesVaganza

jasa pembuatan website
Web Analytics