Karyawan Baru? Simak Trik Padu Padan Baju untuk Hari Pertama Kerja Ini!

Setelah melalui proses rekrutmen yang panjang, akhirnya pekerjaan impian pun berhasil diraih. Tak terasa, hari pertama mulai bekerja di kantor baru pun kian mendekat. Rasa gugup dan excited pun tak urung dibendung. Pertanyaan-pertanyaan seperti “Bosnya galak enggak, ya?”, “Teman-teman kantorku nanti gimana ya orangnya?”, atau “Makanan di kantinnya enak enggak ya?” pun kerap muncul di pikiran Anda.

Hari pertama bekerja selalu membuat gugup dan excited. | Source: KennedyPearce

Hari pertama bekerja biasanya diisi dengan perkenalan perusahaan, rincian pekerjaan, dan juga berkenalan dengan rekan-rekan satu departemen serta di luar departemen Anda. Meski cenderung santai, pastikan Anda memberikan kesan pertama (first impression) yang baik. Dengan persiapan yang matang, Anda tidak perlu panik menjalani hari-hari pertama di kantor baru.

Untuk mengatasi rasa gugup, berpakaian dengan baik juga merupakan salah satu kunci keberhasilan Anda dalam memberikan kesan pertama yang bagus. Jadi, untuk Anda para karyawan baru, yuk simak trik padu padan pakaian di hari pertama dari ShoesVaganza berikut ini.

1. Ketahui Dresscode Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki kode etik sendiri mengenai busana para karyawannya. Kecuali bila ada seragam khusus dari perusahaan yang wajib dikenakan karyawan selama waktu kerja, seperti bank, hotel, atau pelayanan publik.

Untuk mengetahui dresscode perusahaan, Anda bisa menanyakannya saat proses interview atau saat offering. Pihak HRD akan membantu Anda memberi gambaran mengenai pakaian yang boleh atau tidak boleh dikenakan selama hari dan jam kerja.

Office look ala Jessica Alba bisa jadi inspirasi untuk hari pertama kerja Anda. Cocok juga untuk Anda yang berhijab. Untuk sepatu, pakai wedges batik Anindya sebgai fashion statement Anda. | Source: FashionGrail

Misalnya, perusahaan rintisan (startup) atau industri media kreatif biasanya menetapkan dresscode smart casual yang lebih santai untuk para karyawannya. Berbeda dengan perusahaan yang bergerak di bidang keuangan yang biasanya lebih formal. Jadi, pastikan Anda tidak salah kostum.

2. Kenakan Fashion Statement yang Tepat

Siapa yang tidak ingin terlihat stylish? Apalagi saat hari pertama bekerja, Anda tentu ingin orang-orang mengingat Anda dan terkesan dengan Anda. Untuk mendongkrak rasa percaya diri, kenakanlah fashion statement yang tepat. Fashion statement bisa berupa aksesoris tambahan seperti topi, scarf, jam tangan, atau kalung.

Selain aksesoris, kenakan juga sepatu yang pas. Untuk pria, ada baiknya kenakan sepatu yang formal seperti pantofel atau boots. Untuk wanita, juga kenakanlah sepatu formal yang nyaman dikenakan. Misalnya wedges seri Anindya dari Mia Widy ini.

Wedges batik Anindya dari Mia Widy. | Source: ShoesVaganza

Wedges cantik bermotif batik ini cocok menemani hari-hari kerja Anda. Warnanya yang cerah tentu akan menarik perhatian dan membuat Anda tampil beda. Meskipun tinggi haknya mencapai 7 cm, wedges ini jelas lebih nyaman dikenakan sehari-hari karena haknya yang lebih lebar dari high heels. Warna jambon (merah muda) sepatu Anindya yang cerah pun akan menambah kesan segar bagi keseluruhan penampilan Anda.

Selain itu, Anda pasti bangga mengenakan batik karena batik merupakan salah satu warisan budaya dunia asli Indonesia yang sudah ditetapkan UNESCO. Orang Indonesia harus bangga memiliki warisan budaya yang bisa dikenakan untuk kegiatan sehari-hari. Batik kini tidak hanya hadir dalam bentuk pakaian, tetapi juga tas, aksesoris, dan bahkan sepatu. Sementara orang-orang dari negara lain hanya bisa mengenakan pakaian budayanya hanya pada hari-hari tertentu saja, lho.

Baca juga:

3. Buat Persiapan yang Matang Satu Malam Sebelumnya

Akan lebih baik bila Anda menyiapkan semua yang dibutuhkan untuk hari pertama bekerja pada malam sebelumnya. Siapkan pakaian, sepatu, dan rapikan barang-barang yang ingin dibawa dalam tas kerja. Bila ragu dengan makanan di kantin kantor baru, siapkan bahan-bahan sarapan dan bekal sehat untuk dimasak esok hari. Persiapan lebih awal akan mengurangi rasa cemas dan gugup sehingga Anda tidak perlu stres di pagi hari. Semoga hari pertama kerja Anda menyenangkan, ya!

Dinda untuk ShoesVaganza
jasa pembuatan website
Web Analytics