Ini 5 Pilihan Pakaian yang Aman Digunakan ke Pesta Pernikahan


Sumber Gambar: All Women Dresses

Harus diakui bahwa terkadang kamu pasti merasa kebingungan hendak menggunakan pakaian apa saat mendapat undangan pesta pernikahan. Perayaan pesta pernikahan di Indonesia memang mempunyai banyak aturan tidak tertulis yang mau tidak mau harus dipatuhi. Terlebih lagi adat di Indonesia sangat beragam. Biasanya peraturan tersebut tidak hanya berlaku bagi pengantin, namun juga bagi para tamu undangan. 

Salah satu bentuk aturan yang begitu diperhatikan ialah cara berbusana. Tamu undangan tidak boleh berbusana terlalu santai, namun tidak boleh terlalu berlebihan hingga mengalahkan sang pengantin. Lalu pakaian seperti apa yang seharusnya dikenakan? Berikut ini merupakan 5 pilihan pakaian yang aman digunakan ke pesta pernikahan, sehingga kamu tidak akan membuang banyak waktu lagi hanya untuk memilih pakaian saja. 


Pakaian dan Kain Tradisional

Kamu bisa menggunakan pakaian maupun kain tradisional seperti kebaya, kain batik, baju bodo, songket, tenun ikat, dan masih banyak lainnya. Mengapa harus pakaian dan kain tradisional? Outfit yang satu ini memang paling sering dipakai pada saat menghadiri upacara maupun pesta pernikahan, terlebih pada saat pernikahan tersebut mengusung tema adat.


Kaftan

Kaftan memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan busana pesta lainnya, yaitu potongannya yang longgar sehingga bisa memudahkanmu saat bergerak di antara kerumunan banyak tamu. Kamu bisa memadukan kaftan dengan aksen kristal Swarovski pada bagian dada. Kaftan seperti imi cocok digunakan pada saat acara pesta di malam hari. Sedangkan untuk kaftan yang lebih sederhana bisa dipakai saat menghadiri acara pesta di siang hari.


Suit

Sebenarnya suit lebih sering digunakan oleh pria. Namun wanita juga tetap cocok kok mengenakannya. Suit dapat dibuat terlihat lebih feminim dengan cara dipasangkan dengan kemeja di bagian dalam. Penampilanmu pasti akan terlihat berkelas dan klasik. Jika ingin penampilanmu terlihat lebih seksi, kamu tidak perlu menggunakan kemeja di bagian dalam. Biarkan area dada sedikit terekspos.


Formal Jumpsuit

Kamu bisa mengenakan jumpsuit atau busana terusan dengan detail yang mewah. Misalnya saja payet atau orname berupa kristal Swarovski agar penampilan terlihat mewah. Namun jangan gunakan jumpsuit berwarna terang karena dapat menimbulkan penampilan yang terlalu kasual. Sebaiknya pilih warna gelap supaya penampilan lebih menarik. 


Dress

Pakaian yang satu ini sebenarnya sudah sangat umum digunakan. Sehingga penampilan Anda akan aman saat mengenakan dress ke pesta pernikahan. Bisa dibilang dress merupakan outfit yang paling tepat digunakan pada acara formal di dalam gedung. Sebaiknya hindari menggunakan dress berwarna putih agar tidak menyaingi sang pengantin. Ingat, pilih gaun yang tidak terlalu berlebihan. Pilih gaun yang sewajarnya saja, jangan terlalu heboh dan menimbulkan sensasi. 

 

Itu tadi beberapa pilihan pakaian yang aman dikenakan saat pergi ke pesta pernikahan. Beberapa pakaian di atas bisa dipadupadankan dengan sandal etnik yang cantik. Anda bisa memilih beragam sandal etnik yang ada di Shoesvaganza. Beberapa model sandal etnik yang cocok dipadupadankan untuk ke pesta pernikahan ialah model Geela Green dan Geela Pink. Motif tradisional pada kedua sandal etnik ini akan menambah kesan manis pada kakimu. 

Bagaimana menurut kamu? Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi memilih baju saat mendapatkan undangan ke acara pernikahan. Tinggal pilih saja salah satu koleksi jenis pakaian di atas, maka kamu akan terbebas dari masalah salah kostum.

 

Cynthia Cecilia untuk ShoesVaganza

jasa pembuatan website
Web Analytics