Cara Mencegah Bau Kaki

Jaman telah banyak berkembang. Kini, tak hanya mengenakan sandal maupun sepatu kasual seperti flatshoes, tapi juga sepatu lari/olahraga seringkali digunakan untuk fashion dan kegiatan sehari-hari. Seperti salah satu produk dari ShoesVaganza ini , Neon One World  yang sangat fleksibel sehingga dapat digunakan baik untuk kegiatan keseharian maupun berolahraga.

Kiri ke kanan: Black One World Sequin, Slate Flower Power, Neon One World | Sneakers by Sakroots

Tapi malu dong, kalau saat membuka sepatu ternyata ada bau semerbak yang tidak sedap keluar dari kaki kita. Yuk simak cara-cara mencegah datangnya bau kaki!

1. Jangan Gunakan Sepatu yang Sama Selama Beberapa Hari Berturut-Turut

Setiap orang pasti memiliki sepatu favorit andalannya yang bahkan kalau bisa ingin dipakai setiap harinya. Tapi, ternyata hal itu yang memicu timbulnya bau kaki loh. Jika kita memberi selang waktu dan menggunakan sepatu secara bergantian, maka sepatu akan memiliki kesempatan untuk bernafas dan mengeringkan bagian dalam sepatu yang mungkin basah dan terkena keringat selama kita memakainya.

2. Baking Soda dan Penyaring Kopi

Baking soda merupakan salah satu bahan yang paling ampuh untuk membersihkan berbagai macam peralatan termasuk peralatan dirumah. Ternyata baking soda pun mampu menghilangkan bau yang ada di sepatu. Kita cukup mengisi penyaring kopi dengan baking soda dan ditaruh pada bagian dalam sepatu ketika kita menyimpannya. Cukup didiamkan semalam, dan ta-da! Sepatu sudah siap digunakan tanpa bau kaki.

3. Cuci Kaki Hingga Bersih

Bakteri yang ada di kaki terus berkembang, maka untuk memerangi bakteri tersebut yang dapat mengakibatkan bau kaki kita perlu mencuci kaki hingga bersih. Jangan lupa juga untuk membersihkan seluruh bagian kaki termasuk telapak kaki dan sela jari kaki, yang seringkali jadi tempat bakteri tinggal. Sebelum memakai sepatu, tentunya kita harus mengeringkan seluruh bagian kaki. Jika tidak mau repot-repot mengelap kaki, kita bisa menggunakan hairdryer untuk mengeringkan kaki.

4. Plastik, Perekat dan Lemari Es

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, bahwa didalam sepatu dan kaki akan menempel banyak sekali bakteri. Apalagi setelah beraktifitias di luar ruangan, berbagai bakteri dan debu telah menempel dan menjadi satu pada kaki maupun sepatu. Salah satu cara ampuh untuk membunuh bakteri tersebut adalah dengan mendinginkannya. Maka, kita bisa memasukan sepatu kedalam sebuah plastik besar, yang ditutup dengan perekat, kemudian didiamkan selama semalaman. Besok paginya pasti bakteri sudah mati dan sepatu kita sudah segar kembali dan siap digunakan.

5. Pasir

Umumnya pasir digunakan untuk menutupi kotoran hewan yang tersebar di halaman. Pasir ini dapat menyerap berbagai bau tidak sedap, bahkan yang menyengat seperti bau kotoran hewan. Hal serupa juga dapat diimplementasikan pada sepatu kita. Caranya cukup dengan menaruh pasir kedalam sebuah wadah (bisa berupa kantung kecil yang berbahan bolong-bolong seperti tile, maupun memakai stocking) kemudian meletakannya kedalam sepatu kita. Cukup didiamkan selama semalaman, dan voila! sepatu sudah tidak bau lagi.

6. Arang

Tak berbeda jauh dengan pasir, arang pun memiliki fungsi yang serupa. Ingatkah bahwa kosmetik juga memiliki sedikit kadar arang sebagai bahan dasarnya? Nah, arang ini bisa kita letakkan pada sebuah wadah dan kemudian dimasukan ke dalam sepatu, lalu didiamkan semalaman. Tentunya, ini membuat sepatu kita lebih bernafas lega karena sudah tidak bau lagi.

So, sekarang sudah tahu kan cara merawat sepatu dan kaki agar tidak bau? Gak pake ragu lagi deh untuk membeli salah satu koleksi Octave Series dari Sakroots.

Jennifer Tanuwijaya untuk ShoesVaganza

jasa pembuatan website
Web Analytics