4 Tips Ampuh Berinvestasi Sepatu untuk Pria

Sepatu merupakan bagian yang sering terlupa dalam berpenampilan sehari-hari. Meski hanya menutupi sekitar 5% bagian tubuh, tetapi ternyata sepatu juga turut menentukan penilaian orang tentang keseluruhan penampilan kamu.

Makanya, memiliki koleksi sepatu yang pas, fashionable, serta pas dengan personal style tentu merupakan impian semua orang. Tidak hanya bagi perempuan, tetapi juga untuk laki-laki.

Kaum pria terutama seringkali merasa kesulitan karena pilihan sepatu bagi mereka terbatas di pasaran, alias tidak sebanyak sepatu untuk perempuan. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar lho.

Kalau kamu masih sering bingung memilih sepatu apa yang cocok buatmu, yuk ikuti tips dan trik dari SV di bawah ini.

1.      Tentukan Gayamu

Percaya atau tidak, cewek atau bahkan cowok lain bisa menilai kepribadianmu dari pilihan busana yang kamu kenakan. Tidak terkecuali sepatu. Apakah orang itu termasuk pribadi yang sporty, fashionable, casual, atau bahkan enggak peduli penampilan sama sekali – semua terlihat dari sepatu yang dikenakan.

 

Upgrade gaya casual kamu biar enggak boring, coba tiru gaya santai ala V BTS ini. | Sumber: Amino Apps

Oleh sebab itu, penting banget untuk menentukan personal style kamu. Tentu saja, pertama-tama kamu harus lebih mengenal dirimu sendiri. Apa pekerjaanmu, hobi, atau aktivitas favoritmu, biasanya menentukan pilihan gayamu.

Misalnya, kamu seorang pekerja di industri kreatif yang hobi main basket. Pasti penampilanmu sehari-hari tidak jauh dari kemeja flanel, celana panjang chino, dan sneakers atau sepatu slip on yang praktis. Di hari-hari yang lebih santai, kamu pasti enggak ragu mengenakan sepatu basket yang trendy.

So, penting banget untuk mengenal dan menjadi diri sendiri. Setuju kan?

Baca Juga:

-          “Ciri Penampilan Pria yang Bikin Wanita Luluh”

2.      Cari Inspirasi dan Variasi Gaya

Dalam penampilan sehari-hari kita sangat percaya diri dengan gaya casual. Tapi, yakin setiap hari mau bergaya seperti itu-itu saja? Mumpung masih muda, saatnya eksplorasi dan cari variasi gaya, dong!

Gak ada salahnya cari inspirasi gaya dari sekarang. | Sumber: Pexels

Sebab, bukan cuma cewek aja yang harus jago mix and match. Penampilan cowok juga bakal terlihat boring kalau sehari-hari hanya mengandalkan gaya sama atau stuck di style repetition.

Kalau kamu ragu mengubah penampilanmu secara drastis, kamu bisa coba cari inspirasi fashion sejenis. Contohnya, kalau kamu senang bergaya casual karena suka yang praktis-praktis aja, kamu bisa coba gaya sporty yang lebih berani. Yang penting, harus percaya diri!

Baca Juga:

-          “Alasan Mengapa Pria Perlu Berinvestasi di Boots”

-          “Checklist Pria untuk Berlibur di Pantai”

3.      Berinvestasi pada Aneka Sepatu

Apa yang lebih memalukan daripada salah kostum atau saltum saat menghadiri acara tertentu? Yaitu salah pakai sepatu! Bayangkan saja, tidak mungkin kan kita ke acara pernikahan teman mengenakan sneaker belel kesayangan? Atau pakai sepatu pantofel yang kebesaran milik saudara?

Makanya, penting banget untuk memiliki minimal dua pasang sepatu yang mumpuni untuk dikenakan ke acara formal maupun nonformal.

Tidak perlu menghabiskan uang hingga jutaan rupiah untuk membeli sepatu bermerek, kok. Karena sekarang banyak brand lokal yang menawarkan harga jauh di bawah itu dengan kualitas yang tidak kalah ciamik.

Nah, untuk pencinta gaya casual, wajib banget punya sepatu slip on. Sepatu ini terlihat lebih rapi dibandingkan sneakers biasa. Tapi, slip on juga tidak terlihat sekaku sepatu pantofel.

Sepatu Slip On Andretelli: Scott Olive Camel | Sumber: ShoesVaganza

Sepatu slip on pria rekomendasi SV kali ini jatuh pada Andrelli: Scott Series.

Slip on ini terbuat dari bahan mesh textile pada bagian atasnya, bahan microtech pada bagian outsole, serta gussets yang elastis di bagian samping. Jadi, rasanya sangat nyaman digunakan untuk sehari-hari, bahkan untuk berjalan kaki karena solnya yang tebal.

 

Sepatu Slip On Andretelli: Scott Grey Black dan Navy Blue | Sumber: ShoesVaganza

Sepatu slip on Andretelli: Scott Series ini juga tersedia dalam tiga pilihan warna menarik, yakni Grey Black, Navy Blue, dan Olive Camel yang bisa di-mix and match dengan busana kamu.

Soal harga, tidak usah ditanya karena sepasang sepatu keren ini bisa kamu miliki dengan harga Rp369.000/pasang. Worth it, dong untuk investasi beberapa tahun ke depan, asalkan dirawat dengan benar supaya tetap kinclong dan awet.

Untuk tips merawat sepatu dengan baik, lanjutkan baca ke poin berikutnya ya.

4.      Rawat Sepatu dengan Benar

Perlu diingat bahwa sepatu bukan hanya berperan sebagai aksesoris fashion saja, melainkan untuk melindungi kakimu.

Bayangkan saja, rata-rata sepasang sepatu diinjak dan harus menahan berat badan badanmu hingga ribuan kali saat dikenakan. Belum lagi, kalau aktivitas fisikmu padat dan berat.

 

Brush set untuk sepatu. | Sumber: LeeValley

Untuk itu, merawat sepatu tidak boleh dilakukan asal-asalan. Berbeda bahan, berbeda juga cara merawatnya. Untuk merawat sepatu berbahan kulit dan suede asli, contohnya, diperlukan sikat dan cairan pembersih khusus untuk kedua bahan tersebut.

Untuk sepatu slip on Andretelli, perawatannya cukup mudah. Simpan sepatu di dalam dustbag dengan bahan berpori-pori. Kalau sepatumu bernoda, langsung bersihkan menggunakan detergen atau sampo bayi. Setelah dibilas hingga bersih, jemur di bawah sinar matahari secara tidak langsung supaya warna sepatu tidak cepat pudar.

Adinda Suci Rahayu untuk ShoesVaganza

jasa pembuatan website
Web Analytics