3 Alasan Mengapa Harus Bangga dengan Batik

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan berbagai suku dan budaya. Hal ini membuat Indonesia sangat dikenal sebagai negara yang sangat kaya akan budaya. Salah satu kebudayaan yang berhasil menembus kancah internasional dan membuat nama Indonesia dikenal adalah Batik. Kebudayaan asli Indonesia ini dikenal karena keunikan dan kecantikan dari motif dan warnanya yang sangat beragam. Maka dari itu, kita harus bangga dengan batik. Yuk simak artikel ini!

Batik Karya Era Soekamto | Sumber Gambar: Sina.com

1.   Batik Bernilai Sangat Tinggi

Motif dan polanya yang sangat beragam, dihasilkan oleh seniman batik yang sangat berbakat. Tak hanya sebatas gambaran, berbagai simbol yang disematkan kedalam motif batik juga ternyata memiliki makna dan nasihat bagi kehidupan manusia.

Motif batik dengan berbagai makna dapat ditemui pada batik tradisional seperti Batik Parang. Pada masa lampau, Batik Parang hanya boleh digunakan oleh keluarga kerajaan. Selain itu, batik ini memberi nasihat agar kita tidak pernah menyerah, bagaikan ombak laut yang terus bergerak tanpa henti. Jalinan pola yang tak berputus melambangkan nasihat agar kita tak hentinya introspeksi diri dan berusaha mencapai kesejahteraan.

 

2.   Batik Merupakan Kesenian Asli Indonesia

Batik telah dikenal dan diakui sebagai karya seni dan busana khas Indonesia. Budaya batik juga memiliki nilai sejarah dan nilai seni yang sangat tinggi yang dihargai berbagai kalangan. Untungnya, sejak dahulu batik selalu berhasil diwariskan secara turun temurun di keluarga Indonesia. Yang sekarang banyak beredar di pasaran adalah batik jenis pesisir dan kraton.

Biasanya, batik kraton memiliki motif yang mengandung makna. Sedangkan untuk batik pesisir, meskipun tidak mengandung makna tapi motif dan pewaraanya sangat cerah dan indah.

Cempaka Arini © AngsaDua.com

3.   Warisan Budaya Sedunia

Badan PBB menetapkan batik sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity (warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi) pada tanggal 2 OKtober 2009 , yang kemudian ditetapkan sebagai hari batik nasional oleh pemerintah Indonesia melalui Keppres No 33 tahun 2009.

 

Sudah cukup bangga dengan batik? Nah salah satunya selain cuma merasa bangga, kita juga bisa mengenakan berbagai produk batik lho untuk menunjukkan rasa bangga tersebut. Parang, salah satu produk flat shoes batik dari ShoesVaganza merupakan produk yang cocok banget untuk kita. Warnanya yang netral dan modelnya yang fleksibel, sehingga dapat digunakan dalam berbagai acara dan kegiatan.

Parang © ShoesVaganza

Tak hanya itu, karena ini merupakan flat shoes sehingga kita akan sangat nyaman saat menggunakannya. Dibanding memakai sepatu yang kurang nyaman dan hanya cantik dipandang, tentunya lebih baik memakai flat shoes ini bukan? Tak hanya cantik penampilannya, sepatu ini siap menemani aktivitas kita seharian!

Selain kita, siapa lagi yang akan bangga dengan batik?

 

 

Jennifer Tanuwijaya untuk ShoesVaganza

jasa pembuatan website
Web Analytics