6 Trik Sederhana Merawat Sepatu Kulit Agar Tetap Awet

Sumber Gambar: indianexpress.com

Kamu pecinta sepatu kulit? Kalau mengaku seperti itu, sudah seharusnya merawat sepatu kulit favorit kamu agar tetap awet! Walau sepatu yang kita dimiliki mempunyai kualitas kulit yang baik, bukan berarti jadi alasan untuk tidak merawatnya. Tidak mau kan sepatu kulit andalanmu cepat rusak dan mengharuskan membeli yang baru lagi?

Nah, makanya supaya performa sepatu kulit bisa optimal kita harus meluangkan sedikit waktu untuk memberikan ‘perhatian’ pada koleksi sepatu kulit yang dimiliki. Berikut ini trik-trik sederhana yang bisa dilakukan:

1. Hindari ruangan yang lembab 

Kalau mau sepatu kulit kita awet, sebaiknya jangan menyimpan sepatu di dalam ruangan yang lembab karena menyebabkan kulit menjadi berjamur dan lapuk. Jadi, letakkan sepatu di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik untuk menghindari kerusakan pada kulitnya ya!

2. Perhatikan juga penataan rak sepatu 

Cara kita menata sepatu juga berpengaruh lho. Jangan meletakkan sepatu bertumpukan satu sama lain karena dapat merusak tekstur maupun bentuk pada kulit sepatu. Beri jarak juga dengan sepatu lainnya agar sepatu kulitmu tidak tergores.

Penataan sepatu yang baik dan benar| Sumber Gambar: stroovi.com

3. Bila menyimpan di kotak sepatu gunakan silica gel 


 Sumber Gambar: moccasverden.blogspot.co.id 

Apabila kamu lebih menyukai menyimpan sepatu pada kotaknya, sebaiknya berikan silica gel di dalam kotak sepatu agar udaranya tidak lembab. Ganti silica gel secara rutin supaya kelembabannya terjaga ya!

4. Semprotkan waterproof spray khusus untuk sepatu agar anti air 


Sumber Gambar: compositetoeboots.org

Musim hujan tiba, tetapi masih ingin mengenakan sepatu kulit favorit kita? Tenang saja! Caranya bisa kita siasati dengan melapisi sepatu kulit kita dengan waterproof spray yang mulai banyak beredar di pasaran. Sepatu kulit bisa tahan terhadap air sehingga tetap nyaman digunakan walau terkena air. Yeay!  

5. Bila sepatu basah jangan jemur ditempat yang terkena sinar matahari langsung 

Apabila sepatu basah karena terkena hujan atau genangan air, sebaiknya segera dikeringkan agar tidak lembab dan menimbulkan bau. Namun, jangan diletakkan di tempat di bawah sinar matahari langsung ya! Karena bisa menyebabkan sepatu kulit memudar dan pecah-pecah.

Pilih tempat yang berangin, walau di dalam ruangan sekali pun akan lebih baik untuk menjaga kualitas sepatu kulit.

6. Semir sepatu secara rutin


Sumber Gambar: dmarge.com 

Supaya sepatu kulit tetap ‘cling’ seperti baru, rajin-rajinlah untuk semir sepatu. Jangan pernah malas untuk melakukan ini ya! Karena dengan secara rutin semir sepatu, sepatu kita akan terlihat seperti baru. Selain itu, pilih juga warna semir sepatu yang sesuai dengan warna sepatu yang dimiliki agar lebih maksimal.

Bagaimana? Merawat sepatu kulit itu sederhana bukan? Nah, buat kalian yang ingin menambah koleksi sepatu kulit, ada rekomendasi nih!


Bohem Boot Rare Brown

Sepatu Bohem Boot Rare Brown dari ShoesVaganza ini menggunakan kulit asli pilihan dan dibuat secara handmade. Wow. And I believe it will look good on you too!

Yaa, itulah 6 trik sederhana untuk merawat sepatu kulit agar tetap awet. Semoga bisa membantu merawat sepatu favorit kalian ya!

Frilani untuk ShoesVaganza

jasa pembuatan website
Web Analytics